Pembelajaran Kreatif Prakarya Kewirausahaan Kelas XII MAN Labuhanbatu

Rantauprapat(Humas). Proses pembelajaran Tahun pelajaran 2022-2023 sudah dimulai Bulan Juli kemarin. Bapak ibu guru di MAN Labuhanbatu di himbau untuk mengembangakan kemampuan dalam  mengajar dengan menghadirkan inovasi inovasi pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami sesuai dengan intruksi kepala MAN Labuhanbatu pada Kamis (9/8).

Pemerintah telah menyesuaikan aturan pelaksanaan PTMT di madrasah yang diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri. Pada penyesuaian kali ini, penyelenggaraan PTMT dilaksanakan berdasarkan level PPKM yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru dan capaian vaksinasi dosis lengkap (2 dosis). Untuk cakupan vaksinasi dihitung pada kalangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) serta masyarakat lanjut usia (lansia) di wilayah tersebut.

Berdasarkan surat edaran dari Kanwil Kemenag sumut  Nomor: B-4571/Kw.02/2-a/PP.00.11/07/2022 dan Menteri Dalam Negeri Rebuplik Indonesia Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2022tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 dan Level 1 yang didalam surat edaran tersebut  kabupaten Labuhanbatu masuk kedalam level 1, dan mengharuskan pembelajaran dilaksanakan dengan PTMT. MAN Labuhanbatu melaksanakan pembelajaran sesuai surat edaran yaitu ptmt (pembelajaran tatap muka terbatas) dengan mengurangi jam pembelajaran dalam satu les.

Pembelajaran dan belajar adalah dua hal yang tak terpisahkan dan saling berkaitan satu sama lain. Dalam pembelajaran selalu ada unsur belajar, sebaliknya dalam belajar selalu ada unsur pembelajaran. Maka dari itu keduanya harus seiring sejalan dalam mengantarkan siswa mencapai pemahaman seluruh materi pelajaran untuk mendapatkan suatu pendidikan yang baik. Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang berada di bawah kontrol guru. Oleh karena itu, guru lah yang harus mempersiapkan penerapan suatu metode pembelajaran.

Metode adalah cara yang tersusun dan teratur yang digunakan untuk mencapai tujuan, sedangkan pembelajaran adalah suatu proses kegiatan yang berupaya membelajarkan anak didik. Jadi metode pembelajaran adalah proses kegiatan membelajarkan anak didik dengan menyajikan materi kepada siswa secara tersusun dan teratur untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Hasnawiyah, S.Pd selaku guru bidang studi Prakarya dan Kewirausahaan MAN Labuhanbatu tetap mengajar seperti biasa walaupun ada pengurangan jam per lesnya. Beliau mengadakan praktik  Prakarya dan Kewirausahaan di kelas XII MIPA 4 dengan mengedepankan inovasi pembelajaran dalam materi proses pengolahan limbah menjadi produk atau barang yang bermanfaat. Siswa siswi tampak bersemangat dan antusias dalam pembelajaran dan kegiatan praktik tersebut.

Hasnawiyah selaku guru mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan mengatakan bahwa “daur ulang limbah sampah ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir jumlah sampah. Banyak sekali manfaat bisa didapatkan dari tindakan mendaur kembali berbagai jenis limbah.dari pada menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan, tindakan daur ulang limbah dapat menjadi salah satu solusi terbaik menciptakan dan menjaga keseimbangan alam”.Ucapnya

Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh siswa.

Kepala MAN Labuhanbatu Akhmad Syiroj,S.Pd, M,Pd menyambut baik inovasi pembelajaran yang dilakukan.  Mudah-mudahan bisa menginspirasi guru yang lain nya untuk selalu berinovasi dalam proses pembelajaran. Agar tidak monoton dan siswa tidak cepat jenuh bosan dalam proses pembelajaran.Tutupnya (YA)